Sabtu, 17 November 2012

Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya Palembang (SONS)


Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS), apa itu SONS? dimana itu SONS? Mungkin itu yang keluar dari benak anda ketika membaca tulisan ini. Baiklah, akan ku jelaskan pada kawan-kawan semua apa itu SONS. SONS adalah sebuah sekolah layaknya sekolah seperti yang biasa kita kenal. Namun pendidikan di sekolah ini lebih menjurus kepada pembinaan pelajar olahragawan yang berbakat untuk lebih berprestasi dan bukan berarti mengabaikan kepentingan akademik. SONS terletak di Jl. Maluku V Perumahan OPI Jakabaring Palembang Sumatera Selatan. SONS diresmikan pada 16 Juli 2005 selang beberapa bulan setelah di helatnya pagelaran akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 16 di Palembang. SONS adalah program Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk meningkatkan prestasi olahraga di Sumatera Selatan dan menjadikanya sekolah olahraga ketiga di Indonesia setelah Sekolah Olahraga Negeri Ragunan DKI Jakarta dan Sekolah Olahraga Negeri Sidoarjo-Jawa Timur. Untuk sementara SONS hanya menampung siswa dan siswi SMP serta SMA saja. Sekolah khusus olahragawan ini menaungi beberapa cabang olahraga antara lain Sepak Bola, Basket, Voli, Atletik, Pencak Silat, Panahan, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Sepak Takraw, Badminton dan masih banyak lagi.

Cabang olahraga Sepakbola SONS

Cabang olahraga Panahan SONS

"Disiplin" hal inilah yang selalu dijunjung tinggi semua penghuni SONS. Tidak gampang menjadi bagian dari sekolah ini, karena proses seleksi menyaring ratusan sampai ribuan peserta dari semua pelosok kabupaten di Sumatera Selatan menjadi hanya kurang lebih 200an atlet putra dan putri yang siap bersaing di kancah nasional bahkan internasional. Untuk atlet yang berhasil lolos, SONS menyediakan asrama untuk semua atlet sebagai pemusatan latihan. Tidak hanya asrama, SONS juga menyediakan semua sarana dan prasarana olahraga taraf internasional untuk semua cabang olahraga. Tokoh pendidik dan pengajarnya pun diambil dari yang terbaik. SONS sama sekali tidak memungut biaya kepada semua atlet untuk semua fasilitas, sarana dan prasarana yang ada disini.


Gedung Serbaguna SONS

Aktivitas setiap hari di SONS sangat membosankan jika belum terbiasa. Pukul 04.30WIB atlet muslim/muslimah diwajibkan melaksanakan shalat subuh bersama di musholah, setelah selesai beribadah atlet bersegera untuk lari pagi bersama yang rute terpendeknya kurang lebih 5KM. Setelah lari pagi atlet diberikan sarapan pagi lalu mandi dan bersiap mengikuti kegiatan akademik layaknya sekolah biasa. Kegiatan akademik itu sendiri berlangsung tidak terlalu lama karena memang SONS lebih memfokuskan siswa-siswinya untuk mengasah bakat olahraganya. Kegiatan akademik berlangsung pukul 08.30WIB s/d 12.00WIB. Kemudian setelah aktivitas akademik berakhir semua atlet menyerbu santap siang. Setelah menyelesaikan santap siang atlet dipersilahkan menikmati waktu istirahat s/d pukul 14.30WIB untuk kemudian melanjutkan aktivitas latihan sore yang difokuskan pada cabang olahraga masing-masing atlet. Latihan sore berakhir, semua atlet muslim/muslimah menjalankan ibadah shalat maghrib lalu bersiap menyantap makan malam. Setelah makan malam atlet diberi waktu santai s/d pukul 21.00WIB. Jika lewat dari pukul 21.00WIB atlet belum tidur maka penjaga asrama tidak segan menghukum. Demikian kurang lebih aktivitas semua atlet di SONS tiap harinya.

Peraturan yang diterapkan di SONS juga sangat ketat dan cukup tegas. Jika ada yang melanggar peraturan sanksi tegas siap menanti. Atlet tidak diperbolehkan pulang kerumah terkecuali hari raya, tidak diperbolehkan membawa handphone, bagi atlet yang ketahuan membawa handphone maka tanpa kompromi pihak penjaga asrama segera mengambilnya dan akan mengembalikan setelah sang atlet lulus sekolah. Atlet juga diharamkan merokok serta pacaran, jika ketahuan merokok dan pacaran SONS dengan tegas memberhentikan atau memulangkan atlet kerumahnya masing-masing. Iya mungkin seperti seorang narapidana. Tapi itulah aturan yang mau tidak mau harus diikuti semua atlet. Dan semua atlet harus konsisten dengan pilihanya sebagai penghuni sekolah istimewa ini, karena sebuah kebanggaan tersendiri bisa menjadi bagian dari sekolah yang telah banyak menciptakan atlet-atlet berbakat ini.

Kurang lebih seperti itulah gambaran dari Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) yang banyak berjasa membentuk karakter dan mental baja olahragawan binaanya ini. Mungkin telah banyak sekali sekolah ini menyumbangkan atlet-atlet terbaiknya untuk negeri ini.

Terimakasih yang sebesar-besarnya aku ucapkan kepada semua staff guru, pelatih, pengurus asrama, serta rekan-rekan atlet yang dulu sama-sama berjuang mengharumkan nama Sumatera Selatan di kancah nasional maupun internasional. Terimakasih SONS yang telah menjadi mesin pembentuk mental, jiwa, dan ragaku hingga menjadi seperti ini. Semoga semua kenangan-kenangan indah menjalani hari-hari bersama dulu juga akan menjadi indah kedepanya nanti. Dan semoga semua kedisiplinan itu berbuah kesuksesan seperti yang kita semua inginkan. AMIN.

Terimakasih pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar